Berkat Bantuan Modal Usaha Bantaeng, Produksi dan Penjualan Pandai Besi Meningkat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BANTAENG, - Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin mengunjungi Dusun Bunga Biraeng, Desa Lumpangang, Kecamatan Pa'jukukang, Senin (14/3).

Di sana, Ilham Syah Azikin mengunjungi usaha Pandai Besi yang telah menerima dan merasakan manfaat Program Bantuan Modal Usaha Berbasis Dusun dan RW Pemkab Bantaeng. Pandai Besi ini telah menerima bantuan pada tahun 2021 sebesar Rp 30.530.000.

Pengusaha Pandai Besi, Ilham Bin Jamaluddin (20) merasa sangat terbantu dengan program unggulan Bupati Bantaeng itu. Dari bantuan itu, dia menambah alat produksi berupa mesin tempa besi otomatis yang dibeli langsung dari Jawa Barat, gerinda, mesin las, dan bahan baku.

"Sebelum terima bantuan kami di sini menempa besi manual. Untuk orderan kami sekarang sudah pernah menerima orderan dari luar kabupaten. Selain itu kami juga rutin mendapat orderan produk pandai besi untuk dijual di pasar - pasar tradisional Bantaeng," kata dia.

Dia juga bercerita, sebelumnya dengan cara produksi tradisional, usahanya hanya mampu memproduksi 15 golok dan celurit perharinya.

"Setelah mendapat bantuan kami bisa memproduksi lebih banyak lagi dan tidak kewalahan menerima orderan. Sudah gampang juga sekarang karena sudah ada mesin tempa besi otomatis hasil dari bantuan modal usaha Bupati Bantaeng," jelasnya.

Dengan usaha pandai besi yang terus berkembang, Ilham Bin Jamaluddin juga telah mempekerjakan tetangga serta keluarga di sekitar rumahnya.

"Kenapa keluarga, karena kita ini pandai besi turun - temurun. Itu sudah sejak lama keluarga kami jadi pandai besi, dari nenek moyang sampai sekarang. Kami juga saat ini sudah jualan online, selain itu kami sering mengikuti pameran - pameran," kata dia.

  • Bagikan