Dinas ESDM Manfaatkan Biomassa dari Kotoran Hewan Sebagai Energi Alternative di Sulsel

  • Bagikan
Dinas ESDM bersama Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknik Pemanfaatan Biomassa untuk Rumah Tangga, di Dusun Tanah Lompoa, Desa Sambueja, Kabupaten Maros, Selasa 15 Maret 2022.

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Pemerintah Provinsi Sulsel dalam hal ini Dinas ESDM bersama Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknik Pemanfaatan Biomassa untuk Rumah Tangga, di Dusun Tanah Lompoa, Desa Sambueja, Kabupaten Maros, Selasa 15 Maret 2022. Serta melibatkan dari Kalla Group.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dra. A. Kasmawati Paturisi. M.Si sebagai tim ahli PKK dan pengurus Penggerak PKK Sulsel, dari Dinas ESDM Sulsel, Pembina Kampung KB, Perwakilan tiap Kecamatan.

Dikesempatan ini, diberikan pula bantuan kepada warga berupa alat untuk pengolahan kotoran hewan (sapi) menjadi biogas.

A. Kasmawati Paturisi menyampaikan, bahwa dalam bimbingan teknis ini kami memberikan edukasi bagaimana memanfaatkan biomassa untuk rumah tangga. Menurutnya biomassa dari kotoran hewan sebagai energi alternatif di Sulsel.

PKK terus mendorong pemanfaatan kotoran sapi untuk menghasilkan energi biogas guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Pemanfaatan kotoran Sapi untuk pembuatan biogas ini yang diternakkan langsung oleh warga setempat, selain menghasilkan gas sebagai bahan bakar alternative, biogas ini juga menghasilkan pupuk kompos yang digunakan untuk tanaman, juga untuk pakan ikan," jelasnya.

Sementara itu, Habo sebagai Ketua Kampung KB, mengatakan bahwa bantuan biogas ini menjadi solusi terbaik bagi warga setempat.

“Terima kasih banyak kepada Pemerintah Provinsi Sulsel, PKK Sulsel dan juga Kalla Grup yang menjadi sponsor dalam penyaluran bantuan biomassa ini, dan kami juga berharap kapasitas biomassa dapat ditambahkan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat banyak,” kata Habo.

  • Bagikan