Makassar Menuju Kota Metaverse, Daniel Surya: Edukasi Menjadi Kata Kunci

  • Bagikan
Executive Chairman & CEO Founder WIR Group, Daniel Surya saat memaparkan konsep Metaverse dalam Rakorsus Pemkot Makassar 2022. (selfi/fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar akhirnya resmi menandatangani MoU bersama PT WIR Asia untuk pengembangan teknologi dalam metaverse.

Executive Chairman & CEO Founder WIR Group, Daniel Surya yang hadir memaparkan konsep Metaverse mengatakan, dunia metaverse ada tiga komponen.

“Komponen yang paling utama yaitu namanya dunia virtual, apa itu dunia virtual. Bisa nggak kita mengunjungi dunia tersebut, bisa,”katanya, di depan para pejabat Pemkot Makassar dalam Rakorsus 2022, Selasa, (15/3/2022).

Melihat dari hasil survey dimana hanya 8 persen warga Makassar yang tahu metaverse dapat dijadikan dasar yang baik.

Di wawancara terpisah di tengah berlangsungnya acara, Daniel mengatakan, pentingnya edukasi dini.

“Edukasi menjadi kata kunci. Tidak hanya di Makassar, tidak hanya di Indonesia, tapi di semua global market untuk setiap kota bisa," jelasnya.

Dia menjelaskan, metaverse bukan dimiliki oleh satu orang. Metaverse merupakan fundamental yang lebih dahsyat.

“Kalau itu tidak dilakukan maka akan sangat sulit dalam membangun metaverse. Sebab sistem metaverse tidak hanya online tapi offline juga,” ujarnya.

Kota yang siap dengan metaverse kata dia adalah kota yang sudah ready platform datanya.

“Pertanyaannya kita siap atau tidak. Keunggulan yang mempersiapkan duluan, dia tidak akan ketinggalan banyak dan Makassar ini yang pertama," pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengungkapkan, berdasarkan monitoringnya melalui sosial media, baru delapan persen warga Makassar yang tahu soal metaverse.

  • Bagikan