Manuver Lapangan Sriti Gesit 2022, Lanud Sultan Hasanuddin Gelar Simulasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Lanud Sultan Hasanuddin melaksanakan manuver lapangan dalam latihan Sriti Gesit tahun 2022, Rabu (16/03/2022). Para pelakunya melakukan berbagai simulasi kegiatan operasi di Training Area Lanud Sultan Hasanuddin dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Disimulasikan bahwa merespon pihak musuh yang terus mengganggu kedaulatan wilayah NKRI, Lanud Sultan Hasanuddin mengirimkan pesawat Boeing B737-200 dari Skadron Udara 5 untuk melakukan pengintaian dan identifikasi target musuh yang akan dihancurkan.

Dalam melakukan misi tersebut, pesawat Sukhoi Su-27/30 yang dioperasikan Skadron Udara 11 ikut mengawal dan bersiap untuk menghancurkan sasaran musuh.

Setelah dipastikan kehancuran musuh dan mendapatkan keunggulan udara, pesawat C-130 Hercules Skadron Udara 33 melaksanakan dukungan udara dengan menerjunkan pasukan Kopasgat untuk menguasai daerah musuh.

Dalam rangkaian simulasi tersebut, juga dilakukan rapling oleh prajurit Yonko 466 Pasgat sebagai pasukan aju dalam rangka pengamanan penerjunan.

Kemudian diakhir periode, kembali disimulasikan bahwa pesawat Boeing B737-200 Skadron Udara 5 mengalami kondisi emergency saat mendarat sehingga membutuhkan penanganan cepat.

Dengan sigap, personel crash team, pemadam kebakaran (base rescue), PLLU, tim medis, Satpom, Intelijen hingga angkutan darat bergerak memberikan bantuan dalam menanganinya untuk mengurangi kerugian yang diakibatkan. (*)

  • Bagikan