Bukan Air Mancur, Danny Pomanto Bakal Bangun Patung Presiden dari Masa ke Masa di Bundaran BTP

  • Bagikan
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Foto: Selfi/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto telah merubah desain awal pembangunan Bundaran Bumi Tamalanrea Permai (BTP).

Rencananya, patung presiden dari masa ke masa, mulai dari masa Presiden Soekarno hingga Joko Widodo bakal dibangun disana mirip di Amerika Serikat, untuk memberikan edukasi kepada generasi selanjutnya.

“Konsepnya kita buat patung utuh, satu-satu misalnya Soekarno-Hatta, itu untuk penghargaan dan edukasi kita, ini sudah ada dananya,” katanya Rabu, (16/3/2022).

Konsep ini akan menggantikan kolam dan air mancur yang direncanakan sebelumnya. Hanya saja rancangan ini baru diusulkan. Dan harus koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah VI Makassar.

Dia juga mengaku belum tahu secara pasti mekanisme pembangunan patung presiden apakah ada mekanisme tertentu.

“Kita baru mau usulkan, presiden sebagai simbol-simbol negara, kita buat sebagai bagian yang harus diingat masyarakat, sama seperti di Amerika, penghargaan masyarakat Sulsel itu adalah patung presiden, supaya anak-anak kita tahu,” jelasnya.

Meski demikian, anggarannya telah siap dalam APBD 2022 sebesar Rp10 miliar.

Selain untuk mengurai kemacetan dan menambah keindahan kota, bundaran BTP ini diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap pendapatan kota.

Konsepnya akan ada jembatan layang yang ditengahnya ada bundaran kemudian dilengkapi dengan taman. Di bundaran itu bisa dimanfaatkan sebagai tempat iklan.

“Nanti Bapenda yang urus di situ, jadi tidak rugi, kita dapat banyak income, kan kemarin di Bapenda hitung,” pungkasnya. (selfi/fajar)

  • Bagikan