Abdul Hayat Jemput Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi

  • Bagikan
Abdul Hayat Gani

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, menjemput Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, di Lanud Galaktika, Maros, Jumat, 18 Maret 2022.

Dalam kesempatan itu, Abdul Hayat, menyampaikan selamat datang, apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kepala Basarnas, yang telah melakukan kunjungan kerja di Sulsel.

"Semoga perhatian dan jalinan kolaborasi dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana alam, khususnya pada penanganan darurat dapat terus ditingkatkan," harap Abdul Hayat.

Menurutnya, Basarnas selama ini telah berkontribusi besar di bidang pencarian, pertolongan, penyelamatan dan evakuasi, baik pada saat terjadi bencana alam maupun dalam penanganan musibah transportasi pelayaran dan penerbangan, baik secara nasional maupun internasional.

Untuk itu, kata Abdul Hayat, dalam rangka kegiatan penyelenggaraan penanggulangan bencana alam yang menjadi urusan bersama, tentu diperlukan sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dunia usaha, media dan akademisi/pakar, agar urusan kebencanaan dapat lebih terencana, terkoordinasi, terpadu dan komprehensif.

"Sulawesi Selatan termasuk salah satu wilayah yang memiliki tingkat kerawanan bencana yang tinggi. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan kesiapsiagaan daerah dengan meningkatkan seluruh kapasitas sumber daya yang ada. Baik SDM, peralatan maupun logistik bencana, yang dimiliki oleh masing-masing instansi yang menyelenggarakan urusan kebencanaan," terang Abdul Hayat.

Sebagai informasi, lanjut Abdul Hayat, eksistensi Basarnas sangat berkontribusi dalam pelaksanaan operasi search and rescue. Seperti bencana banjir bandang di Luwu Utara, dan gempa bumi NTT yang berdampak sampai di Kabupaten Kepulauan Selayar.

  • Bagikan