Adnan IYL Atau Danny Pomanto, Siapa Primadona di Pilgub Sulsel? Ini Kata Pengamat

  • Bagikan
Danny Pomanto bertemu dengan Adnan Purichta Ihsan. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Adnan Purichta Ichsan dan Moh Ramdhan Pomanto disebut bakal meramaikan bursa Pilgub Sulsel 2024 mendapat.

Pengamat Politik Unismuh, Andi Luhur Priyanto menilai, keduanya punya keistimewaan dengan statusnya sebagai kepala daerah.

"Para Bupati atau Walikota punya keistimewaan untuk bisa merebut simpati publik dalam jangka panjang, melalui kinerja kepemimpinan yg inovatif dan minim resistensi," ujar Luhur saat dihubungi.

Keduanya tidak akan lepas dari sorotan media. Sehingga pemilih yang berada di luar daerah Gowa dan Makassar bisa mengenal mereka.

"DP dan Adnan berada di magnitude sorotan media yang sama. Mereka pun telah membawa mimbar kepemimpinannya ke ruang media yang lebih luas, sehingga bisa menjangkau pemilih Sulsel. Publik sangat mudah menilai performa kepemimpinan mereka dari media," jelasnya.

Menurut Luhur, Adnan dan DP memiliki gaya komunikasi publik yang berbeda. Katanya, DP masih menampilkan gaya kepemimpinan yang penuh slogan dan bahkan menimbulkan resistensi.

Sedangkan Adnan, cenderung lebih kalem dengan menonjolkan program yang populer di masyarakat. Selain itu, Adnan memiliki kelebihan dengan statusnya sebagai ketua PMI Sulsel.

"Tipikal kepemimpinan DP lebih menantang pemilih, dengan diferensiasi program dan kebijakan yang teknokratis. Sementara Adnan lebih soft dan memilih program-program populis. Adnan juga punya organisasi kemanusiaan yg memudahkannya membangun engagment dengan pemilih di Sulsel," jelasnya.

Secara komunikasi politik, kata Luhur, sebenarnya mereka sedang berkontestasi atau bersaing merebut simpati publik yg lebih luas.

  • Bagikan