Diajar Tata Cara Salat yang Benar, Begini Respon WBP Rutan Makale

  • Bagikan
IST

Fajar.co.id, Makale -- Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Makale yang beragama Islam diajar tata cara salat sesuai dengan Alquran dan Sunnah di Ruang Serbaguna Rutan Makale.

Kepala Rutan Kelas II Makale Luther T. Patandung dalam keterangannya, Minggu (20/03), menyampaikan, dari 148 wargabinaan Rutan Makale, 24 diantaranya beragama Islam sangat antusias ikuti Pelatihan Tata Cara Shalat ini.

Luther menambahkan bahwa pembinaan bagi WBP yang beragama Islam dilaksanakan setiap hari Jumat sebelum pelaksanaan Ibadah Sholat bekerjasama dengan Kementerian Agama Kab. Tana Toraja.

"Pembinaan terhadap WBP yang beragama Islam pada Rutan Makale berjalan dengan sangat baik melalui dukungan Kemenag setempat dan dari berbagai pihak," ujar Karutan.

Pembinaan itu sendiri, menurut Luther sudah menjadi kewajiban rutan Makale, berbagai macam pembinaan telah diberikan untuk memberikan mulai dari keterampilan, pengetahuan sampai bimbingan rohani.

Diharapkan melalui kegiatan pembinaan ini, mereka dapat menyadari kesalahannya dan tidak akan melakukan kesalahan yang sama lagi ketika bebas nantinya serta menjadi bekal bagi mereka pada saat di luar.

“Semoga mereka mampu mengamalkannya, dengan mampu memimpin pelaksanaan sholat dan mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar sehingga apa yang menjadi tujuan pemasyarakatan menjadikan para mantan Narapidana bisa berguna dan bermanfaat bagi masyarakat," pesan Luther.

Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Makale, Kamal Yahya mengatakan bahwa selain pemahaman terkait tata cara sholat sesuai dengan tuntunan, para WBP yang beragama Islam juga diajarkan baca tulis Al-Quran serta pemahaman mengenai makhorijul huruf supaya penyebutan ayat ayat dalam Al-Quran lebih fasih sesuai dengan maknanya.

  • Bagikan