Profil Ketua MK Anwar Usman yang akan Nikahi Adik Jokowi

  • Bagikan
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman

JAKARTA,FIN.CO.ID- Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman akan menikah dengan adik Presiden Joko Widodo, Idayati pada Mei 2022 mendatang.

Publik pun menyoroti Anwar Usman. Siapa sosok Anwar Usman? Berikut profilnya.

Anwar Usman lahir di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 31 Desember 1956. Anwar dibesarkan di Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Bima.

Bima pada 1969, Anwar harus meninggalkan desa dan orang tuanya untuk melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) selama 6 tahun hingga 1975.

Lulus dari PGAN pada 1975, atas restu Ayahanda (Alm.) Usman A. Rahim beserta Ibunda Hj. St. Ramlah, Anwar merantau lebih jauh lagi ke Jakarta dan langsung menjadi guru honorer pada SD Kalibaru.

Selama menjadi guru, Anwar juga melanjutkan pendidikannya ke jenjang S1. Ia pun memilih Fakultas Hukum Universitas Islam Jakarta dan lulus pada 1984.

Selama menjadi mahasiswa, Anwar aktif dalam kegiatan teater di bawah asuhan Ismail Soebarjo. Selain sibuk dalam kegiatan perkuliahan dan mengajar, Anwar tercatat sebagai anggota Sanggar Aksara.

Dirinya pun sempat diajak untuk beradu akting dalam sebuah film yang dibintangi oleh Nungki Kusumastuti, Frans Tumbuan dan Rini S. Bono besutan sutradara ternama Ismail Soebarjo pada 1980.

Sukses meraih gelar Sarjana Hukum pada 1984, Anwar mencoba ikut tes menjadi calon hakim. Keberuntungan pun berpihak padanya ketika ia lulus dan diangkat menjadi Calon Hakim Pengadilan negeri Bogor pada 1985.

Jabatan:

Ketua Mahkamah Konstitusi (2 April 2018 s/d 2 Oktober 2020)

  • Bagikan