Hadiri Pembukaan Bimtek Evaluasi Risk Register, Bupati Indah Sampaikan Ini

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID -- Pembukaan Bimtek Evaluasi Risk Register organisasi Perangkat Daerah dan Audit pengelolaan Keuangan Desa melalui Aplikasi Siswaskeudes berlangsung pada Rabu (23/3/2022)

Hadir pada kesempatan itu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, kepala Perwakilan BPKP Rizal Suhaili, Sekretaris Daerah Armiady, Inspektur Muhtar Jaya, dan kepala SKPD terkait.

Kepala perwakilan BPKP Rizal Suhaili, mengatakan, Aparat Pengawas Intern Pemerintah ( APIP) merupakan orang penting yang akan memastikan program pemerintah berjalan sebagaimana mestinya.

"APIP Harus punya kompetensi yang memadai. Sehingga punya peran yang luar biasa krn mengetahui lingkungan masing-masing. mulai harus tahu perencanaan, proses sampai penyelesaiannya," katanya.

APIP, kata dia, harus bisa dibangun dan dikembangkan sehingga mengetahui manajemen risiko. "BPKP telah berinisiatif kembangkan Siswaskeudes yang merupakan alat bagi APIP mengelola dan audit keuangan desa yang berbasis online," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Indah menyampaikan bahwa bimtek ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi APIP dalam menghadapi berbagai permasalahan yang harus segera diselesaikan.

APIP dapat menjadi lini terdepan dalam melakukan pembinaan dan pengawasan di lingkungan Pemerintah Daerah dengan menjalankan fungsi deteksi dini.

"Untuk penguatan desa terus di lakukan Krn dana yang mengalir ke desa sangat besar sehingga perlunya di lakukan pengawasan dan upaya yg kita lakukan hari ini mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi betul- betul digunakan sebagaimana mestinya sesuai nawacita pada poin ke 3 untuk membangun daerah dari pinggiran," kata Bupati.

  • Bagikan