Lanud Sultan Hasanuddin Gelar Latihan Pertahanan Pangkalan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Lanud Sultan Hasanuddin menggelar latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) yang diikuti oleh puluhan personel dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kewaspadaan para personel dalam menjaga wilayahnya, Jum’at (25/3/2022).

Latihan tersebut juga dilaksanakan untuk memberikan pengalaman secara langsung kepada para pelaku latihan dalam prosedur penanganan timbulnya berbagai ancaman yang mengganggu keamanan di Lanud Sultan Hasanuddin.

Kegiatan yang berlangsung di seputaran Lanud Sultan Hasanuddin, didahului dengan pemberian materi oleh personel Satuan Pertahanan Pangkalan (Sathanlan) diantaranya materi membaca peta/kompas, formasi pertahanan, formasi patroli (regu, peleton, kompi), dan penyergapan bivak.

Dalam simulasinya, para pelaku yang telah dipersenjatai melakukan patroli kewilayahan menyusuri rute yang memiliki kerawanan dan mendapatkan gangguan keamanan yang mengharuskan mereka membentuk formasi untuk pertahanan sekaligus mengembalikan kondisi keamanan pangkalan.

Diharapkan dengan pelaksanaan latihan Hanlan rutin, kondisi keamanan Lanud Sultan Hasanuddin dapat terus terjaga dan potensi ancaman dapat diminimalisir sehingga pelaksanaan tugas, baik dalam bidang penerbangan (operasi dan latihan) maupun bidang pendukung lainnya dapat terlaksana dengan lancar.(rls)

  • Bagikan