Penutupan Bimtek Evaluasi Risk Register, Wabup Suaib Mansur Sampaikan Ini

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID -- Penutupan Bimtek Evaluasi Risk Register organisasi Perangkat Daerah dan Audit pengelolaan Keuangan Desa melalui Aplikasi Siswaskeudes berlangsung pada Sabtu (26/3/2022).

Hadir pada kesempatan itu Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, Koordinator Pengawasan bidang program dan pelaporan serta pembinaan APIP, Raden Kemal Ramdan, Narasumber dari BPKP Yohanis dan Satria.

Korwas P3A, Raden Kemal Ramdan, menyampaikan bahwa peran APIP sangat penting dalam hal mendeteksi hal-hal strategis dalam pengawasan salah satunya RPJMD.

APIP, kata dia, harus punya kompetensi yang memadai. Sehingga Punya peran yang luar biasa krn mengetahui lingkungan masing-masing. Mulai harus tahu perencanaan, proses sampai penyelesaiannya.

"Ke depan, peran APIP harus mengetahui metedologi berbasis manajemen risiko. BPKP telah berinisiatif kembangkan Siswaskeudes yang merupakan alat bagi APIP mengelola dan audit keuangan desa yang berbasis online," katanya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Bupati Suaib Mansur, menyampaikan, Bimtek ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi APIP dalam menghadapi berbagai permasalahan yang harus segera diselesaikan.

"APIP diharapkan bisa lebih mengefektifkan tata pemerintahan yang efisien dan akuntabel. APIP harus bisa memetakan resiko yang lebih jauh terhadap permasalahan dan menjadi lini terdepan dalam melakukan pembinaan dan pengawasan di lingkungan Pemerintah Daerah," ujarnya.

Dengan adanya Aplikasi Siswaskeudes APIP sangat mudah untuk melakukan pengawasan pengelolaan keuangan desa dan membantu SDM yang terbatas. "Aplikasi Siswaskeudes menjadi topik utama seluruh pengawas mulai dari desa sampai KPK," tandas Wabup Lutra. (*/fnn)

  • Bagikan