Perkuat Keamanan Ekosistem, Gojek Gelar Pelatihan Anti Kekerasan Seksual Bagi Mitra Driver

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Tidak dapat dipungkiri bahwa kekerasan seksual masih saja terjadi di tengah masyarakat kita. Gojek, sebagai platform on-demand terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara terus memperkuat standar keamanan layanan melalui inisiatif #AmanBersamaGojek.

Upaya komprehensif ini tak terbatas pada keamanan ekosistemnya saja, namun juga untuk dapat berkontribusi menciptakan ruang publik yang aman, terbebas dari kekerasan seksual.

Dalam momentum Hari Perempuan Sedunia yang diperingati setiap bulan Maret, komitmen Gojek terhadap keamanan diwujudkan secara konkret salah satunya melalui peningkatan pelatihan anti-kekerasan seksual bagi mitra driver yang akan kembali berlangsung secara tatap muka. Sebelum pandemi pelatihan sejenis telah berjalan di 8 kota operasional utama dan di tahun 2022 ini Gojek menargetkan akan melangsungkan pelatihan bagi mitra driver di 10 kota, dengan Makassar sebagai kota pertama.

Teuku Parvinanda VP Corporate Affairs Gojek mengatakan, “Melalui edukasi, kami ingin membangun kesadaran serta pemahaman individu khususnya para mitra driver Gojek mengenai pentingnya bergerak bersama menciptakan ruang aman yang bebas dari kekerasan seksual. Gojek ingin membangun budaya aman dan mendorong mitra-mitranya untuk secara konsisten menjadi pelopor penciptaan ruang publik yang aman, misalnya dengan sigap membantu atau mengambil tindakan ketika menemui kasus kekerasan seksual di ruang publik.”

Inisiatif Gojek dalam upayanya melawan kekerasan seksual di ruang publik turut diapresiasi dan didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA). Dalam diskusi media Indra Gunawan, Plt Deputi bidang Partisipasi Masyarakat KPPPA mengatakan, “Kami mengapresiasi Gojek yang ikut ambil bagian dalam upaya mengatasi kekerasan seksual dengan senantiasa mengedukasi mitranya untuk menjadi pelopor ruang publik aman. Saya mengikuti upaya Gojek tersebut selama 2 tahun terakhir dan menilai apa yang Gojek lakukan sebagai upaya kita bersama untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam mencegah tindak kekerasan khususnya pada perempuan dan anak. Pencegahan ini sangat penting dan merupakan salah satu program prioritas dari Bapak Presiden.

  • Bagikan