Program MARIKI Dinas Perpustakaan Makassar Lolos TOP 30 Inovasi Pelayanan Publik Sul-Sel 2022

  • Bagikan
Program MARIKI Dinas Perpustakaan Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Inovasi MARIKI (Magang Mandiri Khusus Alumni) ke Perpustakaan dari Dinas Perpustakaan Makassar akhirnya tembus TOP 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2022.

Hal ini berdasarkan Pengumuman yang ditandatangani Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Nomor: 060/ 3502/ B. Organisasi tanggal 4 April 2022 tentang Top 30 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2022 dan 6 Finalis Kelompok Replikasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2022.

Sebelumnya ada 3 inovasi dari Pemerintah Kota Makassar yang masuk Top 50 Tingkat Provinsi Tahun ini. Namun setelah mengikuti sesi presentasi, wawancara dan verifikasi lapangan maka hanya 1 yang lolos di Top puncak atau Top 30 dan 6 Finalis Kelompok Replikasi yakni inovasi MARIKI dari Dinas Perpustakaan Makassar sebagai Top 30 dan Inovasi POSE (Pajaga Sikola Salewangang) dari Dinas Pendidikan yang inovasinya dilaksanakan di SDN Kompleks Sambung Jawa Makassar sebagai salah satu 6 Finalis Kelompok Replikasi.

Kepala Dinas Perpustakaan Makassar, Tenri Apalallo sangat senang dan bangga atas lolosnya satu lagi inovasi dari Dinas Perpustakaan.

"Inovasi ini berbeda dari inovasi-inovasi sebelumnya karena selain sebagai bentuk layanan kami juga inovasi ini membuka lapangan kerja khususnya bagi alumni jurusan Ilmu Perpustakaan dan dampak luasnya banyak karena disatu sisi mengurangi pengangguran terbuka dan meningkatkan income keluarga juga mendorong peningkatan layanan perpustakaan. Jika tenaga perpustakaan sesuai standar, perpustakaannya juga telah sesuai standar tentunya akan meningkatkan kegemaran membaca dan indeks literasi masyarakat." ungkap Tenri.

  • Bagikan