Abdul Mu’ti Tegaskan Kehadiran KH Sriyatin di Sidang Isbat Tidak Mewakili Muhammadiyah, Anggota Komisi VIII Angkat Suara

  • Bagikan
Sidang Isbat Kemenag. Abdul Mu'ti menegaskan tanpa perwakilan Muhammadiyah. (FOTO: JAWA POS)

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mut’i, memberikan klarifikasi terkait tidak diundangnya PP Muhammadiyah dalam sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1443 H oleh Kementerian Agama. Dia mengaku pihaknya belum menerima surat undangan dari Kementerian Agama untuk menghadiri sidang isbat.

Dia menegaskan, pihak yang diklaim oleh Kementerian Agama sebagai perwakilan Muhammadiyah bukanlah utusan resmi Muhammadiyah lantaran tidak membawa mandat resmi dari organisasi.

Abdul Mu’ti bahkan buka-bukaan soal undangan dari Kementerian Agama RI untuk menghadiri Sidang Isbat penentuan awal Ramadan 1443 Hijriah, pada 1 April 2022 lalu.

Diketahui dalam sidang isbat tersebut, Dr KH Sriyatin Siddiq, yang berasal dari Majelis Tarjih Muhammadiyah hadir dalam sidang tersebut.

Abdul Mu’ti mengatakan, kehadiran Dr KH Sriyatin Siddiq, tidak mewakili pimpinan pusat untuk menghadiri sidang isbat tersebut.

“Saya mendapatkan info surat Kemenag kepada Kepala Pengadilan Agama Palangka Raya, Kalimantan Tengah, tanggal 21 Maret agar menugaskan Dr Sriyatin untuk menghadiri Sidang Itsbat. Jadi kehadiran beliau dalam Sidang Itsbat tidak mewakili PP Muhammadiyah,” kata Abdul Mu’ti dikutip Fajar.co.id di akun twitternya. (rls-sam)

  • Bagikan

Exit mobile version