Dorong Kemampuan Komunikasi Digital, Kemenkominfo Melalui GNLD Siberkreasi Menggelar Kelas Public Speaking

  • Bagikan
IST

Program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat Indonesia agar lebih ahli dalam menciptakan karya-karya digital.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kemenkominfo) melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali menghadirkan kampanye digital literasi #MakinCakapDigital, kali ini melalui rangkaian kelas "Literasi Digital: Public Speaking Siberkreasi" yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 April hingga 14 Mei 2022.

Rangkaian kelas daring gratis tersebut akan mendatangkan berbagai tamu ahli sebagai pembicara, di mana peserta juga dapat memperoleh sertifikat setelah menyelesaikan program.

Pentingnya Komunikasi Efektif dan Literasi Informasi di Forum Daring

Melalui evolusi tekonologi digital, berbicara di depan umum saat ini dapat dilaksanakan melalui smartphone dan komputer. Perangkat-perangkat tersebut semakin memudahkan orang untuk mengirim pesan dan berpartisipasi dalam berbagai dialog aktif, karenanya penting untuk memastikan akurasi dari informasi yang kita sampaikan karena dampaknya dapat dirasakan oleh semua orang.

Menurut 2021 Edelman Trust Barometer, saat ini marak terjadi "information bankruptcy" yang umumnya ditemukan di forum-forum daring. Ini adalah fenomena dimana orang merasa kurangnya kualitas informasi yang beredar. Survei tersebut juga menunujukkan bahwa kecakapan yang paling penting dimiliki dalam mengolah konten daring ialah literasi informasi dan pemahaman akan informasi yang bersih. Di sinilah program tersebut hadir untuk mengedukasi masyarakat di Indonesia agar dapat menciptakan konten-konten digital yang berkualitas.

  • Bagikan