Antisipasi Arus Mudik, Pemkab Maros Lakukan Pemetaan Jalur

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Jelang mudik, Pemerintah Kabupaten Maros mulai melakukan pemetaan jalur mudik.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam, menjelaskan kalau saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan forkopimda terkait persiapan mudik tersebut.

"Untuk mengurai dan mengurangi kemacetan saat mudik nanti kita akan memetakan jalur yang berpotensi menimbulkan kemacetan. Terutama saat mudik," ungkapnya, Jumat, 8 April.

Dia mengurai ada beberapa jalur alternatif yang kini telah disiapkan. Seperti jalur Moncongloe dan Pattene.

Mengingat ada beberapa titik juga seperti di Batangase tepatnya didepan Grandmall yang kerap padat.

"Jalan Poros Maros-Makassar kerap terjadi kemacetan. Nah itu ada kita siapkan jalur alternatif di Mandai tembus di Moncongloe dan Pattene," jelasnya.

Hanya saja kata dia, masih ada yang perlu diantisipasi karena masih ada penyempitan dijalur tersebut dan jangan sampai membuat kemacetan baru.

Selain itu, kata dia, jalur yang rawan macet juga akan dicarikan solusinya, terutama jalur menuju Camba.

"Kondisi Jalan Poros Maros-Bone akhir-akhir ini kerap macet. Terutama di kawasan hutan Karaenta yang jalanannya sempit ditanbah volume kendaraan yang padat. Nah itu akan kita persiapkan kalau terjadi kemacetan, dan akan mengantisipasi diarus mudik," ungkapnya.

Sehingga untuk jalur alternatif yang dapat dimaksimalkan untuk mengurai kendaraan di jalur utama Maros - Bone adalah membuka jalur antara Kecamatan Mallawa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pangkep.

"Titik itu di Desa Bentenge, Kecamatan Mallawa. Jika jalan dibuka menuju Pangkep, kendaraan dari arah Bone, termasuk yang datang dari provinsi sebelah, Sultra, tidak mesti lewat Karaenta,"jelasnya.

  • Bagikan