Giatkan Literasi Jurnal Ilmiah, Relawan Jurnal Indonesia Sulawesi Selatan adakan Webinar Nasional

  • Bagikan
IST

Menurutnya ada beberapa metadata yang harus diperhatikan dalam proses pengelolaan jurnal online. Untuk OJS 2 harus memperhatikan metadata author, judul dan abstrak artikel, cover, DOI, supporting agencies, referensi, display dan permission. Sedangkan di OJS 3 memperhatikan bagian judul dan abstrak, contributor, metadata, referensi, identitas author dan paper, galleys, permission and disclosure serta issue.

“Melalui kegiatan Literasi Jurnal ini diharapkan agar pengecekan metadata artikel dilakukan sebanyak dua kali yaitu saat artikel akan dikirim kepada jurnal yang dituju dan saat artikel akan dipublish oleh editor,” lanjut Asep.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 275 peserta dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan, Kalimantan, Banten, Semarang, Jakarta, Jogjakarta dan beberapa daerah lainnya. Dihadiri oleh Pengurus Pusat, Dewan Penasehat dan pengurus RJI Sulsel, kegiatan ini menghadirkan dengan narasumber dari fasilitator RJI Academy yaitu Asep Erlan Maulana, S.Kom.M.Kom yang juga adalah Dosen Universitas Pamulang dan Asesor Manajemen Jurnal Ilmiah. Dipandu oleh moderator Nurfardiansyah Bur, SKM,M,Kes Pengurus RJI Sul-Sel dan Dosen UMI Makassar.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan pembawaan materi serta proses tanya jawab kepada peserta. Kedepannya para peserta berharap agar kegiatan serupa dapat dilanjutkan dengan topik yang berbeda. (rls)

  • Bagikan