Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dinas Perpustakaan Gelar Sosialisasi Membaca

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Demi meningkatkan minat baca masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros menggelar sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca, Selasa, 12 April 2022

Dalam sosialisasi ini dihadir Bunda Literasi Kabupaten Maros, Suhartina Bohari, Bunda Baca Kabupaten Maros, Ulfiah Nur Yusuf Chaidir, dan Wakil Ketua DPRD Maros, Haeriah Rahman.

Kegiatan ini diikuti dari perwakilan perpustakaan desa, guru PAUD, TK/RA, SD/MI, Karang Taruna, pustakawan sekolah dan berbagai unsur pengelola taman baca masyarakat. Serta diramaikan oleh tokoh organisasi keagamaan, mulai Majelis Ta’lim hingga sayap organisasi keagamaan dari NU dan Muhammadiyah.

Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari mengatakan kalau kegiatan literasi kerap dilakukan dengan kompak akan menghasilkan kebiasaan yang baik.

Dia juga berharap melalui sosialisasi hari ini, dapat dirumuskan program yang jelas tujuan dan targetnya. Agar target masyarakat Maros gemar membaca di 2024 dapat tercapai

"Lewat sosialisasi membaca hari ini, minimal ada satu program yang bisa disepakati. Tentu harus jelas tujuannya, harus ada targetnya. Dengan adanya target ,kita dapat bekerja lebih maksimal," jelasnya.

Dia juga mengatakan kalau pihaknya sementara berupaya untuk membentuk perpustakaan desa disetiap desa yang ada di Kabupaten Maros.

"Tentunya dengan konsep yang menarik dan mobilitas pergantian buku yang teratur, jika tema buku diganti secara teratur, minat pembaca akan lebih meningkat. Tidak perlu kondisi ruangan yang terlalu kaku, dan kalai perlu kita ubah konsep perpustakaan yang kaku menjadi lebih ke alam. Seperti tempat bacanya kita tempatkan pada gazebo-gazebo," jelas Bunda Literasi Maros ini.

  • Bagikan