Poros Pekkae-Soppeng Tak Hanya Perbaikan, Juga Diperlebar, Bupati Barru: Terima Kasih, Pak Gubernur

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, BARRU -- Perbaikan kerusakan jalan provinsi poros Barru-Soppeng, di Kecamatan Tanete Riaja-Tanete Rilau yang selama ini cukup menyiksa, mulai ada titik terang. Dalam hitungan hari jalan ini segera dibenahi.

PPTK proyek Dinas PUPR Provinsi Sulsel dan pelaksana kegiatan langsung melaporkan rencana pengerjaan jalan ke Bupati Barru, Ir H Suardi Saleh, M.Si, Kamis (14/04/2022).

Sebelum pengerjaan, survei mutual awal (MC-0) kondisi terlebih dahulu dilakukan, Jumat (15/04/2022). Tim teknis dan konsultan mulai turun ke lokasi besok.

Sebelumnya dilaporkan kerusakan jalan terdapat pada empat desa, masing-masing rusa jalan di Desa Tellumpanua (Aroppoe), Desa Lompo Tengah (Ele, Botto-Botto, Lisu), Desa Libureng (Cempae), dan Desa Harapan. Sedikitnya ada 5 segmen kerusakan jalan yang akan disurvei dan mendapat perbaikan dalam paket ruas Pekkae-Takkalalla ini.

PPTK proyek dari Dinas PUPR Sulsel, Bahtiar merinci jumlah panjang perbaikan jalan dalam ruas paket Pekkae-Takkalla ini adalah 7,2 Kilometer. Untuk Barru 4,7 Kilometer dan Soppeng 2,5 Kilometer.

Selain perbaikan badan jalan, kata Bahtiar, juga akan dibikinkan bahu jalan rabat beton, drainase, hingga talud. Satu titik segmen jalan juga mendapat peninggian mencapai 50 cm. Ini berfungsi agar air tidak menggenang di jalan.

"Proyek ini sudah terkontrak dan siap kami kerjakan. Pagu anggarannya Rp41,9 Miliar bersumber dari APBD Provinsi," kata Bahtiar melaporkan ke Bupati Barru, Suardi Saleh.

Perwakilan kontraktor proyek dari PT Puspakindo, Andi Syahrul yang turut hadir mengatakan, pengerjaan perbaikan jalan ini berlangsung selama 240 hari kalender. Atau hingga Desember mendatang. Jumlah kontrak kami Rp33 Miliar.

  • Bagikan