Angkat Budaya Toraja, Film Walking Dead Tomate Tembus 9.138 Penonton dalam Sehari

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pemutaran hari pertama Film Walking Dead Tomate karya Cinekadi menembus angka hingga 9.138 penonton. Total itu dari semua bioskop di seluruh Indonesia, Sabtu, 16 April 2022.

Penyumbang angka tersebut, didominasi dari kalangan masyarakat Toraja. Di Makassar misalnya, dua bioskop di booking oleh Anggota Legislator DPRD Sulsel asal Toraja yang mengajak Persatuan Mahasiswa asal Toraja yang kuliah di Makassar.

Anggota Legislator DPRD Sulsel asal Toraja, Jhon Rande Mangontan mengatakan ia sengaja mengumpulkan mahasiswa asal Toraja dan Mamasa yang ada di Makassar, menonton film tersebut untuk mengobati kerinduan akan kampung halaman.

Sebab dalam film, memperlihatkan betul ritual adat di Toraja dari upacara kematian yang disebut "Mak Nenek" dan beberapa lokasi atau spot pemandangan yang khas Toraja.

"Jadi mereka yang belum pulang kampung bisa melihat film ini. Maka rindunya akan terobati. Bahkan ada beberapa juga yang mengaku kalau terharu karena kampung halamannya masuk layar bioskop untuk di filmkan," ucapnya.

Akan tetapi kata Jhon Rande, tak sekedar menonton dan mengobati kerinduan di film tersebut. Sebab Persatuan Mahasiswa asal Toraja ini, ditantang membuat tulisan terkait inti atau apa pesan yang bisa didapat setelah menonton film tersebut.

"Tulisannya di email ke saya. Yang menarik akan mendapat hadiah. Apalagi kalau mendeskripsikan bagaimana para pemain dimana mana saja lokasi yang di kunjungi," ucapnya.

Mahasiswa Unifa asal Toraja, Oktaviana Upa Makole mengatakan dari segi promosi budaya cukup dapat, memperlihatkan upacara adat budaya dan kisah nyata. Bahkan tak ketinggalan hingga makanan dan minuman khas dari Toraja.

  • Bagikan