Desa di Takalar Didorong Miliki Alat Garap Roda Empat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, TAKALAR -- Warga Desa Panyangkalang Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar didorong untuk memiliki alat bantu pertanian. Antara lain, alat garap roda empat.

Bupati Takalar, Syamsari Kitta mengatakan, Pemkab Takalar sengaja mendorong desa mengadakan alat tanam roda empat atau bantuan alat panen seperti combine harvester. Tujuannya agar proses produksi lebih efisien.

"Kepala Desa bisa bekerja sama dengan Bumdes mengadakan alat panen seperti combine harvester, jadi kalau panen tidak perlu menunggu alat dari luar daerah. Ini bisa menambah pemasukan atau pendapatan desa," ucapnya.

Syamsari juga menyarankan agar dilakukan pengadaan traktor roda empat yang bisa yang membuat waktu pengolahan lebih cepat. Selain itu, bisa beberapa kali tanam dalam setahun.

"Ini otomatis akan menambah pendapatan masyarakat," ucapnya.

Kendati mendorong desa-desa memiliki alat bantu pertanian, Pemkab Takalar ikut memberikan bantuan alat tanam.

Kepala Desa Tarowang Kabupaten Takalar, Abdul Halim Daeng Tulung mengatakan, bantuan yang diserahkan dari Pemerintah Kabupaten berupa 42 unit alat tanam jagung, 23 unit alat semprot hama, dan bantuan UMKM berupa gerobak bakso sebanyak 8 unit.

"Setiap desa mendapat masing-masing satu alat tanam jagung dan alat semprot hama. Ini dititipkan di kantor desa, jadi ketika ada petani yang butuh boleh meminjam," ucapnya.

Akan tetapi, setiap desa atau kelompok petani juga diharapkan punya masing-masing. Sebab alat pertanian tersebut juga dibutuhkan sebagai alat yang dipakai untuk mata pencahariaan mereka. (dewi sartika/fajar)

  • Bagikan