Hari Kartini, Husniah Talenrang Bangkitkan Semangat Produksi Buah Bu’ne IKM Tombolo Pao

  • Bagikan
Husniah Talenrang bangkitkan semangat IKM Tombolo Pao

FAJAR.CO.ID, GOWA -- Puluhan ibu -ibu yang tergabung dalam IKM AL Hidayah tombolo Pao kedatangan ketua DPD Pan Gowa Husniah Talenrang di rumah produksi di kecamatan tombolo Pao kabupaten gowa Sulawesi Selatan.

Industri kecil menengah ini memproduksi sirup markisa siap minum dan sirup markisa khusus bagi penderita diabetes. Sirup botol markisa dengan ukuran stengah liter ini dijual dengan harga 35 ribu per botol dan yang khusus bagi penderita diabetes dijual dengan harga 50 ribu per botol.

Yang unik dari IKM AL Hidayah ialah sirup buah Bu'ne, buah yang sepintas mirip anggur ini memang jarang ditemui, menurut ketua rumah produksi Petta Kanang buah ini berbuah hanya sekali setahun dan yang terpenting lagi buah ini memiliki banyak manfaat, ini menjadi alasan kelompok IKM AL Hidayah tombolo Pao mengemas nya dalam bentuk sirup kemudian dijual dengan harga 35 ribu per botol nya.

"Produk sirup ibu-ibu ini sangat bagus dan punya ciri khas tersendiri. Terlebih bahan baku yang diolah jadi sirup adalah buah bu'ne yang banyak tumbuh didaeeah ini". Ujar Hj. Husniah Talenrang

Selain sirup, IKM AL Hidayah juga memproduksi kue khas baje yang terbuat dari tomat, rasa baje tomat ini tak kala enak juga dari baje-baje yang terbuat dari gula merah dan yang lainnya, lingkungan tombolo Pao dengan segala produksi hasil pertanian dan perkebunan seperti tomat membuat baje ini dapat di produksi dalam jumlah banyak, selain itu tomat di IKM ini juga dijadikan selei manis.

Kedatangan calon bupati gowa 2024 Husniah Talenrang di tengah-tengah ibu ibu IKM AL Hidayah ini untuk terus membangkitkan semangat mereka, terlebih lagi dihari kartini ini menjadi momen yang sangat spesial, karena hari pahlawan perempuan Indonesia ini diperingati sebagai wujud apresiasi terhadap perjuangan emansipasi perempuan Indonesia. (*)

  • Bagikan