Apa itu Nota, Jenis dan Cara Mudah Membuatnya melalui Aplikasi Nota Online

  • Bagikan
ILUSTRASI. Aplikasi nota

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Nota kontan adalah tanda pembayaran yang sah bagi sebuah bisnis. Simak pengertian, jenis-jenis nota serta cara pembuatan nota kontan dengan Excel dan aplikasi nota berikut ini!

Bagi Anda yang berbisnis atau kerap melakukan aktivitas jual beli, nota penjualan tentu bukan istilah yang asing. Lembaran kertas ini umumnya ada setiap kali Anda selesai melakukan transaksi. Di dalamnya terdapat berbagai informasi terkait jual beli yang dilakukan mulai dari nama barang, jumlah hingga harganya. Salah satu jenis nota yang dikenal di pasaran adalah nota kontan.

Apa itu Nota ?

Nota adalah sebuah catatan penting yang banyak digunakan oleh bisnis, sebab nota dijadikan sebagai alat bukti pembayaran yang sah pada setiap terjadinya transaksi.

Bukti pembayaran tersebut akan diberikan kepada pihak pembeli sebagai tanda terima saat transaksi jual beli.

Sebab, jika ada permasalahan terkait barang yang dijual misalnya barang yang dibeli tidak sesuai atau barang tersebut rusak.

Pembeli bisa mengajukan pengembalian barang dengan menggunakan nota tersebut. Tapi nota sendiri punya berbagai macam jenis, untuk tahu lebih lengkapnya simak artikel sampai selesai ya.

Peran Nota dalam Kegiatan Jual Beli Sebuah Usaha

Sebenarnya, nota memiliki fungsi yang cukup penting, baik bagi pihak pemilik usaha ataupun pembeli. Pasalnya, nota dapat menjadi bukti telah terjadinya transaksi antara kedua belah pihak tersebut. Umumnya, nota dibuat langsung setelah terjadi persetujuan transaksi antara pihak penjual dengan pembeli. Beberapa fungsi nota yaitu:

  • Bagikan