Usai Tinjau Bareng Formula E, Jokowi dukung Anies di Pilpres 2024, Pengamat: Bisa Diartikan Begitu

  • Bagikan
Anies Baswedan mendampingi Presiden Jokowi meninjau sirkuit Formula E di Ancol (pojoksatu)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Usai meninjau bareng sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, pengamat politik Robi Nurhadi menilai hal itu merupakan sinyal Jokowi mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Pengamat politik ini menilai kemesraan tersebut bisa diartikan Jokowi mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Robi Nurhadi mengatakan, meski tidak dinyatakan secara terbuka, kehadiran Jokowi meninjau Sirkuit Formula E dan tampil bareng Anies bisa dimaknai Jokowi mendukung Anies menuju Pilpres 2024.

Sebab, bukan rahasia lagi kalau politik sarat dengan simbol.

“Bisa diartikan Jokowi dukung Anies (di Pilpres 2024),” kata Pengamat politik dari Universitas Nasional (Unas) ini, Senin (25/4/2022).

Robi Nurhadi juga mengatakan, momen kemesraan Jokowi-Anies di Sirkuit Formula E merupakan ramadhan effect atau berkah ramadhan.

“Ini bisa jadi juga bagian dalam rangka mempertahankan posisi politik Jokowi sampai 2024,” katanya.

“Kita tahu Jokowi kan ditekan habis-habisan sebelum 11 April lalu, sebelum Jokowi akomodatif dengan mengeluarkan closing statement soal Pemilu 2024,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Robi, pertemuan ini juga dalam rangka menyempurnakan proses politik membangun kedamaian.

Jokowi tidak ingin ada tekanan setelah dia tak lagi menjabat Presiden pada 2024.

Pada sisi sebaliknya, Anies yang diserang habis-habisan oleh kelompok yang dikenal sebagai pendukung Jokowi, hari ini malah ‘didatang’ Presiden Jokowi.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendampingi Presiden Jokowi meninjau sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara. Jokowi berharap awal Juni balapan Formula E sudah bisa digelar.

  • Bagikan