Hari Pertama sebagai Rektor, Prof JJ Teken MOU dengan Disbudpar Sulsel Soal KKN Desa Wisata

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Rektor Universitas Hasanuddin Prof Jamaluddin Jompa yang dilantik Rabu (27 April 2022) kemarin mengawali hari pertamanya dengan penandatanganan MOU dengan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel.

Penandatanganan itu berlangsung di ruang kerjanya di lantai 8 Gedung Rektorat Unhas, Tamalanrea, Makassar, Kamis (28 April 2022). Kesepakatan kerja sama ini mencakup pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik desa wisata di Sulawesi Selatan.

Sebelum penandatanganan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel Prof Muhammad Jufri memaparkan maksud dari KKN tematik desa wisata tersebut di hadapan Prof JJ (sapaan akrab Prof Jamaluddin Jompa) bersama jajarannya.

Prof Jufri menjelaskan, tujuan kerja sama tersebut merupakan implementasi konsep pentahelix pengembangan pariwisata masa kini.

"Perguruan tinggi merupakan satu dari lima komponen dalam pentahelix bersama media, pelaku usaha, masyarakat, dan pemerintah," jelas mantan Dekan Fakultas Fsikologi UNM ini.

Lebih lanjut, Prof Jufri mengemukakan bahwa pemilihan fokus kerja sama mengenai KKN tematik desa wisata sebagai upaya membangkitkan kepariwisataan di Sulsel pasca pandemi covid-19 dengan melibatkan perguruan tinggi.

Di sisi lain, potensi desa wisata di Sulsel dari segi kuantitas dan kualitas sangat berpotensi untuk dikembangkan bersama-sama oleh berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi.

Sementara itu Prof JJ mengaku senang dengan kerjasama tersebut. Bahkan, katanya, sudah ada dalam perencanaannya untuk proaktif ke OPD-OPD lingkup Pemprov Sulsel untuk menjalin kerjasama termasuk dengan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel.

  • Bagikan