Salat Ied di Masjid Al-Markaz, Khatibnya Ketua Umum ICMI Prof Arif Satria

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Anda salat Idul Fitri tahun ini? Masjid Al-Markaz Al-Islami Jend M. Jusuf bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda warga Makassar dan sekitarnya. Masjid ini berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau yakni di bilangan Jalan Masjid Raya No.57 Makassar, Sulawesi Selatan, dan merupakani salah satu masjid termegah di kawasan Asia Tenggara.

Arsitektur Masjid Al-Markaz Al-Islami terinspirasi dan merupakan perpaduan dari keindahan Masjidil Haram Mekah, Masjid Nabawi Madinah, Masjid Tua Katangka Gowa dan rumah adat khas Bugis Makassar. Juga memiliki keunikan desain ventilasi sehingga tetap sejuk dengan sirkulasi udara alami.

Masjid yang dibangun Mantan Panglima ABRI, Jenderal M. Jusuf dan diresmikan 11 Novemver 2005  ini mampu menampung hingga lebih 10 ribu jamaah. Masjid terdiri 3 lantai dan memiliki halaman yang sangat luas untuk menampung jamaah. 

Pelaksanaan salat Idul Fitri 1443 H/ 2022 M, akan dijalankan secara normal yaitu shaf dirapatkan, namun jamaah diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker.

Tahun ini, khatib Idul Fitri di Masjid Al-Markaz Al-Islami menghadirkan sangat spesial yakni Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prof. Dr. Arif Satria, SP, M.Si, yang juga masih menjabat sebagai Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB).

Sedangkan Imam Salat Ied akan dipimpin Imam tetap Masjid Al-Markaz, Drs. K.H.Maskur Yusuf, M.Ag, yang juga Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Makassar.

Khatib Profesor Arif akan menyampaikan khutbah dengan tema Idul Fitri, Modal Multidimensi untuk Kemajuan yang Berkeadilan. Dalam khutbah tersebut, Ketua Umum Forum Rektor  Indonesia 2020 - 2021 tersebut akan menguraikan bahwa gagasan kemajuan yang berkeadilan adalah prinsip pokok dalam membangun bangsa ini.

  • Bagikan