Ridwan Kamil dan Ganjar Kunjungi Sulsel, Pengamat: Makassar Punya Basis Pemilih Terbesar di Luar Pulau Jawa

  • Bagikan
Gubernur Jawa Barat, RIdwan Kamil. (Selfie/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Dua kandidat capres 2024, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil sama-sama berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Manuver keduanya memang ditunggu publik. Apalagi Ganjar dan Ridwan Kamil masuk lima besar survei kandidat Capres menggantikan Jokowi 2024.

Pengamat Politik Unismuh, Andi Luhur Priyanto mengatakan, Makassar dan Sulsel menjadi salah satu daerah dengan tingkat pemilih yang tinggi di luar pulau Jawa.

Jadi wajar jika kemudian tokoh yang akan berkompetisi di pilpres berusaha membangun basis massa sejak awal.

"Sebagai basis pemilih terbesar di luar Jawa, posisi politik Makassar dan Sulsel cukup strategis di lanskap politik Pilpres 2024. Wajar saja kalau para kandidat Capres ini berkunjung dan membangun basis relawan dukungannya di Sulsel,"kata Luhur.

Luhut mengungkapkan, engagment dengan pemilih bisa menjadi strategi membuka pintu kandidasi di partai politik. Karena belum ada format koalisi partai politik yang mengusung resmi pasangan Capres-Cawapres 2024.

Meskipun demikian, kata Luhur gerak cepat membangun basis relawan dan tim sukses tidak selalu menguntungkan. Dalam hal membangun dukungan, pemilih juga akan mempertimbangkan kredibilitas relawan dan tim pemenangan yg bekerja.

"Relawan dan tim pemenangan menjadi representasi dari gagasan dan kepentingan calon yg dukung. Apakah dukungannya berbasis idealisme murni untuk calon atau hanya berdasar interest politik pribadi dan kelompok,"terangnya.

Menurut Luhur, publik masih akan mencermati gerakan-gerakan politik oleh tim pemenangan. Termasuk Profil, rekam jejak, afiliasi, sumberdaya politik dan kecenderungan sikap politik relawan menjelang Pemilu 2024.

  • Bagikan