Masyarakat Selayar Siapkan Silaturahmi dan Temu Nasional di Makassar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Tokoh dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar akan menggelar silaturahmi dan temu nasional di Kota Makassar, Minggu (15/5/2022) pekan depan.

Kegiatan nasional itu dipelopori oleh Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Masyarakat Selayar (DPP Permas) Periode 2021-2026.

Silatnas berencana mengundang tokoh-tokoh dan masyarakat Selayar dengan menggagas tema "Akmunte sibatu akbulo sibatang" yang mengandung unsur kearifan lokal Selayar.

Ketua Umum DPP Permas, Syamsu Rizal MI, mengatakan, pertemuan tersebut bertujuan mengeratkan silaturahmi dan menghimpun tokoh-tokoh Selayar di perantauan. Selain itu diharapkan terjadi Pertukaran Sumberdaya (sharing resources), baik antar masyarakat Selayar, para perantau maupun dengan Pemkab Kepulauan Selayar.

Deng Ical, sapaannya, mengatakan, warga Selayar tercatat sekitar 60 ribu orang di Makassar dan sejumlah wilayah Sulsel (di luar Selayar).

"Di Sulawesi tenggara, Lombok, Bali, Surabaya, Jakarta, hingga Kepulauan Riau, sampai Malaysia adalah kantong-kantong perantau warga dan keturunan Selayar, jumlahnya diperkirakan hingga seratusan ribu," kata Deng Ical.

Ia melanjutkan, silaturahmi dan temu nasional itu akan mengundang sejumlah akademisi dan pakar berdarah Selayar.

Mereka akan diundang jadi pembicara membahas potensi dan kekayaan Selayar dan kontribusi Permas untuk kemajuan Selayar.

DPP Permas telah membentuk panitia pelaksana untuk gelaran silaturahmi dan temu nasional tersebut.

Ketua Panitia, Nur Kamar berkomitmen terus mematangkan persiapan dengan menggelar rapat di Redcorner Cafe Jalan Yusuf Dg Ngawing Makassar Minggu (8/5/2022).

  • Bagikan