Seminggu Ini Cuaca Panas Terik Sampai Ada Suhu 36 Derajat Celcius, Ini Penjelasan BMKG

  • Bagikan
BMKG-ist

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — BMKG menjelaskan penyebab kondisi cuaca panas terik di sejumlah wilayah di Indonesia selama seminggu terakhir ini. Bahkan ada daerah yang suhunya mencapai 36,1 derajat celcius.

Berdasarkan data hasil pengamatan BMKG, suhu maksimum terukur berkisar antara 33 – 36,1 derajat celcius selama periode tanggal 1 hingga 7 Mei 2022 atau seminggu belakangan.

“Suhu maksimum tertinggi hingga 36,1 derajat Celcius terjadi di wilayah Tangerang-Banten dan Kalimarau-Kalimantan Utara,” jelas Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan tertulis, Minggu (8/5/2022).

“Suhu maksimum tertinggi di Indonesia pada bulan April selama 4-5 tahun terakhir sekitar 38.8 derajat Celcius di Palembang pada tahun 2019, sedangkan di bulan Mei sekitar 38.8 derajat Celcius di Temindung Samarinda pada tahun 2018,” katanya lagi.

Guswanto menjelaskan fenomena suhu udara terik yang terjadi pada siang hari itu dipicu oleh beberapa faktor.

Menurutnya, posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau.

“Di mana tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujannya akan sangat berkurang, sehingga cuaca cerah pada pagi menjelang siang hari akan cukup mendominasi,” ujarnya.

Guswanto mengatakan dominasi cuaca yang cerah dan tingkat perawanan yang rendah tersebut dapat mengoptimumkan penerimaan sinar matahari di permukaan bumi.

Dengan demikian, kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari.

  • Bagikan