Mahasiswa Tim Karampuang Teknik Sipil Unhas Raih Prestasi Best Popularity Award di Kompetisi Internasional

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tim Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin berhasil meraih juara untuk kategori Best Popularity Award dalam ajang Internasional University of Malaya Civil Engineering Competition (UMCvEC) 2022.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh University of Malaya, Malaysia pada Sabtu (07/05) secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Yusril Ramadhan salah satu anggota tim menjelaskan UMCvEC 2022 merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan University of Malaya. Tahun ini mengangkat tema “Green Olympic Village”.

Para peserta mengusulkan desain perancangan wisma atlet dan roof truss yang menerapkan prinsip green design, sehingga desain lebih efisien dan mengedepankan aspek keberlanjutan.

"Kami tergabung dalam Tim Karampuang Unhas, mendesain sebuah inovasi wisma atlet yang aman, ramah lingkungan dan estetik, juga desain roof truss yang kokoh dan ringan. Dengan perjuangan keras dan proses panjang, akhirnya tim kami berhasil meraih predikat juara kategori Best Popularity Award," jelas Yusril.

Karampuang sendiri terinspirasi dari budaya Bugis Sinjai yang bermakna tempat bertemunya para raja-raja. Hal ini yang kemudian menjadi filosofi utama mendesain wisma atlet yang berfungsi sebagai tempat bertemunya para atlet dari berbagai daerah.

Dr. Eng. Ir. Rita Irmawati, ST. M.T., selaku dosen pembimbing menyampaikan apresiasi atas capaian prestasi mahasiswa pada level internasional. Beliau mengatakan, iklim kompetitif saat ini mendorong mahasiswa untuk lebih kreatif dalam berkarya dengan memanfaatkan teknologi berbasis digital.

  • Bagikan