Program Tekan Angka Putus Sekolah, Guru Jemput Siswa untuk Wilayah Kepulauan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,PANGKEP-- Program inovasi dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pangkep untuk meningkatkan partisipasi siswa melanjutkan pendidikan. Program itu termasuk dalam program Pasti Cerdas yang merupakan program peningkatan angka partisipasi siswa dengan cara mendatangi siswa.

Kepala Disdik Pangkep, Dr Sabrun Jamil menjelaskan, program sistem layanan guru jemput bola untuk wilayah kepulauan akan dilakukan untuk menekan angka putus sekolah sehingga dapat meningkatkan angka partisipasi siswa khususnya di wilayah kepulauan. 

"Kita pernah liat beberapa sekolah disana, itu jumlah muridnya lumayan banyak di SD, tetapi pada saat mau lanjut SMP itu tidak cukup dari setengahnya, sehingga lewat program Pasti Cerdas ini, anak-anak tamat SD di kepulauan bisa meningkat partisipasinya untuk ke jenjang pendidikan selanjutnya," bebernya.

Sabrun mengungkap berbagai faktor penyebab melandasi minimnya anak-anak tamat SD untuk lanjut ke Sekolah Menengah Pertama (SMP), diantaranya jarak ke sekolah dari pulau tempat tinggalnya yang jauh hingga faktor keinginan lebih besar untuk langsung bekerja melaut membantu orang tuanya.

"Ini karena faktor geografisnya memang, jadi untuk SMP itu tidak semua ada dalam satu pulau, mereka harus menyebarang atau mencari SMP yang paling dekat dari tempat tinggalnya dan itu lintas pulau," katanya.

Olehnya itu, pihaknya membuat program sistem layanan jemput bola, dimana nantinya dijelaskan, guru yang bersangkutan mendatangi langsung pulau asal siswanya. "Nanti kita tugaskan gurunya yang datang ke pulau. Tetapi syaratnya siswa itu harus terdaftar di sekolah induknya. Bahkan kita rencana juga akan MoU dengan pihak kampus supaya bisa ikut membantu di program ini," paparnya.

  • Bagikan