Unhas Gelar Kuliah Tamu, Tekankan Pentingnya Diagnosis Dini Penyakit Kanker

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Fakultas Keperawatan (FKep) Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan kuliah tamu bertajuk "Visiting Lecture Series".

Dua narasumber internasional hadir pada kegiatan ini, yakni Prof. Benjamin Aribisala (University of Chicago) dan Assoc. Prof. Dr. Aini Ahmad (KPJ Healthcare University College, Malaysia).

Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.30 Wita secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (11/05/2022).

Kegiatan dibuka oleh Dekan FKep Unhas Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp., M.Si. Dalam sambutannya, dia menyampaikan terima kasih kepada narasumber untuk kesediaan berbagai pengetahuan dan pengalaman di Unhas.

Kuliah tamu ini merupakan upaya internasionalisasi Fakultas Keperawatan Unhas menuju World Class Univesity.

"Unhas membuka kesempatan kepada tiap fakultas dan program studi untuk meningkatkan jumlah inbound students dan inbound lecturer, serta peningkatan jumlah kerja sama mitra luar negeri," jelas Dr. Ariyanti.

Setelah pembukaan secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi para narasumber. Prof. Benjamin memberikan materi mengenai "Breast Cancer Risk Prediction in African Women Using Random Forest Algorithm".

Topik ini membahas tentang kanker payudara, penelitian terkait, hingga pada prediksi risiko kanker payudara menggunakan random forcast.

Prof Benjamin mengatakan kanker merupakan pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh.

Hal ini terjadi ketika mekanisme kontrol normal tubuh tidak berfungsi yang kemudian mempengaruhi organ seperti paru-paru, kulit, payudara dan sebagainya.

  • Bagikan