Pasien Suspek Hepatitis Misterius di RS Wahidin Makassar Diduga Terinfeksi Rubella

  • Bagikan
DR. dr. Nu'man AS Daud,Sp. PD, K-GEH, FINASIM.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pasien suspek hepatitis akut misterius yang dirawat di RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Sulawesi Selatan, diduga terinfeksi rubella.

Hal itu disampaikan oleh Pelaksana Teknis Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang/Dokter Spesialis gmGastroenterohepatologi RSUP DR Wahidin Sudirohusodo, DR. dr. Nu’man AS Daud,Sp. PD, K-GEH, FINASIM.

“Satu-satunya parometer, ada infeksi rubella tetapi ini masih menunggu konfirmasi lebih lanjut bahwa apakah itu sebagai penyebab enzim hatinya atau memang anak ini sudah terjangkit hepatitis yang tidak diketahui penyebabnya pada saat ini yang mewabah,” ujarnya ketika ditemui, di Private Care Center, Jumat (13/5/2022).

Dilansir dari Alodekter, Rubella adalah penyakit akibat infeksi virus, yang menimbulkan gejala ruam merah pada kulit. Meski sama-sama menyebabkan ruam kemerahan di kulit, rubella berbeda dengan campak. Selain disebabkan oleh virus yang berbeda, gejala rubella lebih ringan dibanding campak.

Untuk memastikan, bahwa anak 9 tahun asal Polewali Mandar Sulbar tersebut positif hepatitis akut misterius, pihak RS Wahidin telah mengirimkan sampel untuk diperiksa di Kementerian Kesehatan.

“Parometer laboraterium ada satu yang kita minta konfirmasi karena pasien sampai hari ini kita tidak menemukan adanya virus hepatitis yang biasa menginfeksi pada anak-anak maupun orang dewasa sampai hari ini. Hepatitis A tidak ada bukti, kemudian hepatitis B tidak ada Bukti, C juga tidak ada bukti,” ujarnya. (selfi/fajar)

  • Bagikan