Program Seragam Sekolah Gratis Bupati ASA Pacu Peningkatan Pendidikan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Pemerintah Kabupaten Sinjai terus menggenjot program seragam gratis untuk siswa baru. Hal itu sebagai wujud kepedulian pemerintah di bawah kendali Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) pada bidang pendidikan.

Program seragam gratis tersebut diperuntukkan bagi siswa baru untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Bantuan yang diberikan berupa seragam sekolah, tas, dasi, topi, alat pinggang, jilbab, dan alat tulis.

Bupati ASA mengungkap alasannya sehingga mendorong program ini sejak awal periode kepemimpinannya. Bagi dia, pemerintah harus memastikan tidak ada lagi anak-anak di Kabupaten Sinjai putus sekolah, hanya karena terkendala seragam.

Oleh karena itu, lulusan Magister Monash University, Australia itu tak tanggung-tanggung menggelontorkan anggaran untuk mewujudkan program itu. Bahkan, bantuan ini tidak hanya menyasar bagi siswa kurang mampu. Melainkan, semua siswa baru pada tingkatan SD dan SMP.

"Pemerintah harus hadir untuk memenuhi hak dasar masyarakat. Kendala utama yang umumnya dialami orang tua karena biaya seragam, makanya kami siapkan program ini agar tidak ada lagi yang tidak mengenyam pendidikan," ungkap ASA, (15/5/2022).

Program bantuan seragam gratis ini telah berjalan sejak dua tahun terkahir. Jumlah siswa baru yang telah menerima bantuan sekitar 13 ribu siswa. Terbagi ke 243 SD dan 43 SMP.

Olehnya itu, ASA memastikan, program ini akan terus dilaksanakan karena merupakan salah satu program unggulannya. Dengan harapan, dapat meringankan beban orang tua siswa, yang selama ini menjadi kendala dalam menyekolahkan anaknya.

  • Bagikan