Digelar di UNM, Halal Bihalal KKB Sulapa Eppae Pererat Tali Persaudaraan

  • Bagikan
Halal bihalal

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Kerukunan Keluarga Besar (KKB) Sulapa Eppae menggelar Halal Bihalal setalah Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah yang berpusat di Hall Andi Pangeran Pettarani Kampus UNM, Jalan Pendidikan, Makassar, Senin (16/5/2022).

Acara ini dihadiri oleh ratusan pengurus dan keluarga besar Sulapa Eppae yang merupakan rumpun suku Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja. Bahkan, dirangkaikan dengan berbagai kegiatan di dalamnya.

Salah satu rangkaiannya adalah simposium atau pemaparan materi terkait Penerapan sanitasi lingkungan rumah panggung pada masyarakat rawan banjir yang dipaparkan oleh Wakil Ketua III KKB Sulapa Eppae, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani. A Rauf, MT,., IPU.

Dirinya meyampaikan bahwa sangat penting untuk menerapkan sanitasi lingkungan di wilayah yang rawan banjir namun masyarakatnya bermukim dengan menggunakan rumah panggung atau rumah kayu.

"Jadi unsur yang paling penting adalah air bersih karena merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam kelangsungan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya," paparnya.

Karena menurut Ketua LP2M Universitas Negeri Makassar (UNM) ini, daerah yang rawan banjir pada lingkungan rumah panggung beresiko terhadap timbulnya berbagai penyakit, terutama penyakit berbasis lingkungan seperti diare.

Sementara itu, Ketua Umum KKB Sulapa Eppae, Prof. Dr. H. A. Musafir. Pabbabari, M.Si dalam sambutannya mengatakan sangat bersyukur karena rumpun Keluarga Besar Sulapa Eppae dari berbagai suku di Sulawesi Selatan bisa berkumpul.

"Alhamdulillah, kita semua masih diberika kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul dan bersilaturahmi lagi setelah lebaran Idul Fitri. Kegiatan seperti ini akan terus kita lakukan. Kita ingin tali persaudaraan harus tetap terjalin," ujar Musafir Pabbabari.

  • Bagikan