Tangani Pasien Hepatitis Misterius, RS Wahidin Makassar Sediakan Ruang Isolasi dan Bentuk Tim Khusus

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) DR Wahidin Sudirohusodo, Makassar Sulawesi telah membentuk tim khusus untuk menangani pasien hepatitis akut misterius.

“Ditangani oleh tim yang kita sudah bentuk, memang domainnya dokter spesialis anak,” kata Pelaksana Teknis Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang/Dokter Spesialis Gastroenterohepatologi, Dr. dr. Nu'man AS Daud.

Hal ini untuk mengantisipasi perkembangan kasus hepatitis misterius yan saat ini tengah menghawatirkan dunia.

“Karena hepatitis akut kita tangani sebagai hepatitis akut virus yang kedua, ada tanda infeksi yang bisa mempengaruhi perkembangannya atau bisa saja sebagai penyebab kita juga beri tatalaksana seperti pasien selama ini kita rawat,” jelasnya.

Sebagai rumah sakit rujukan tertinggi di Sulsel, RS Wahidin perlu memberikan fasilitas khusus termasuk ruang isolasi.

“Kita memberikan dan mempersiapkan segala sesuatunya termasuk fasilitas, tentu fasilitas harus lebih yang kita harus siapkan termasuk ruangan khusus isolasi, tim khusus yang menangani, kemudian tentu pemeriksaan-pemeriksaan yang lain, tentu kita harus update,” ucapnya.

“Kita tidak mau kecolongan dan kita berharap jika ada kasus seperti itu tidak menyebabkan kematian sehingga kita harus siap,” imbuh dr. Nu'man. (selfi/fajar)

  • Bagikan