Masuki Tahap Penghamparan Lapis Pondasi dan Uji Mutu, Gubernur Andi Sudirman: Ruas Pinrang – Rappang Mulai Dikerjakan

  • Bagikan
Dua paket pengerjaan Rekonstruksi jalan ruas Pinrang - Rappang di kabupaten Pinrang. Sementara progres pekerjaan pada salah satu paket tengah berlangsung,” ujarnya, Senin (16/5/2022).

FAJAR.CO.ID, PINRANG -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) menangani dua paket pengerjaan untuk ruas jalan Pinrang - Rappang di Kabupaten Pinrang.

Dari kedua paket yang dikerjakan tahun 2022 ini, satu diantaranya sementara proses pengerjaan fisik. Sementara lainnya, masih tahapan lelang.

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, “Alhamdulillah, Rp 37 Miliar total PAGU untuk penanganan tahun 2022 ini dalam dua paket pengerjaan Rekonstruksi jalan ruas Pinrang - Rappang di kabupaten Pinrang. Sementara progres pekerjaan pada salah satu paket tengah berlangsung,” ujarnya, Senin (16/5/2022).

Untuk pelaksanaan kegiatan fisik yang sedang berjalan, memasuki tahap penghamparan lapis pondasi aggregat kelas A dan uji mutu berupa pengujian Sand Cone dan DCP. Uji sand cone berguna untuk menentukan derajat kepadatan lapangan yang diperoleh dari presentasi perbandingan berat isi tanah kering ketika uji laboratorium dengan berat isi tanah kering lapangan. Uji DCP (Dynamic Cone Penetrometer) merupakan suatu pengujian yang cepat untuk mendapatkan nilai kekuatan tanah dasar dan lapis fondasi jalan.

“Tahapan ini menjadi fokus kami untuk semua paket pengerjaan infrastruktur, hal itu untuk memperhatikan mutu dari pekerjaan ruas jalan yang menjadi lalu lintas harian rata-rata (LHR) tinggi,” ungkapnya.

Gubernur termuda di Indonesia ini berharap, dengan penanganan akses ini dapat mempermudah mobilitas barang dan jasa bagi masyarakat. “Dibutuhkan dukungan semua pihak, utamanya masyarakat setempat, untuk kelancaran dalam pengerjaan ruas ini,” ujarnya.

  • Bagikan