Pemerintah Izinkan Buka Masker di Ruang Terbuka, Ashabul Kahfi: Tetap Barengi Vaksin Booster

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Anggota Komisi IX DPR RI, Ashabul Kahfi, menyambut baik keputusan pemerintah dalam membebaskan masker di ruangan terbuka.

Politisi PAN itu mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah melihat kondisi pasca libur Idulfitri tetapi kasus tetap landai. Sehingga kondisi Covid di Indonesia perlahan memasuki fase endemi.

"Pernyataan Pak Jokowi sebenarnya secara halus merupakan pernyataan bahwa kita sudah memasuki fase endemi. Fase mudik IdulFitri baru saja dilewati, hingga saat ini kasus tetap melandai. Semoga terus begitu," katanya, Selasa, 17 Mei 2022.

Kahfi menyebut, kondisi ini didukung oleh capaian vaksinasi yang cukup tinggi. Selain itu, vaksin booster dianggap punya peran penting terhadap kebijakan ini.

"Capaian vaksinasi kita juga sudah melampaui target pencapaian herd immunity, apalagi sudah banyak juga yang divaksin booster," ucapnya.

Meski begitu, Kahfi mengajak masyarakat agar tetap melengkapi vaksin hingga dosis ketiga atau booster.

Dirinya berharap kondisi ini bisa menunjang perekonomian negara agar kembali pulih seperti dulu.

"Seruan Pak Jokowi hendaknya tetap dibarengi dengan ajakan untuk tetap menyempurnakan vaksinasi booster. Semoga ajakan ini juga berkorelasi dengan semakin membaiknya kondisi ekonomi nasional," pungkasnya.

Sebelumnya, Pemerintah mengumumkan kini masyarakat boleh tidak menggunakan masker di ruangan terbuka alias outdoor.

Hal itu diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi pers di Istana Bogor, seperti dikutip FIN dari chanel YouTube Sekretariat Presiden, pada Selasa (17/5/2022).

  • Bagikan