Lewat Program ACTIVE, Mars Pastikan Industri Kakao dan Petani Berkelanjutan di Sulawesi

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, PANGKEP -- Tingkatkan ketahanan petani dan produksi kakao yang berkualitas. PT Mars Symbioscience Indonesia meluncurkan program Advancing Cocoa Agroforestry Towards Income, Value, and Environmental Sustainability (ACTIVE).

Direktur Asia Cocoa, Fay Fay Choo saat launching di Pusat Riset Kakao di Kecamatan Ma'rang, Rabu, 18 Mei, menjelaskan, peluncuran program dilakukan untuk menjamin peningkatan kesejahteraan ribuan petani kakao di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

"Kerjasama yang dilakukan PT Mars ini dalam rangka mendukung pemerintah untuk meningkatkan ketangguhan petani dan meningkatkan kesejahteraannya melalui pemanfaatan teknologi," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, tujuan ini juga bisa memfasilitasi ekosistem pertanian kakao yang lebih beragam dengan merekomendasikan tanaman jangka pendek dan jangka panjang yang tepat.

"Kita hadir membantu petani memperoleh pengetahuan dan peralatan guna mendukung diversifikasi tanaman, serta bekerja sama dengan pemerintah daerah, sektor perdagangan, dan sektor swasta untuk menyediakan pasar yang menawarkan sumber pendapatan alternatif," bebernya.

Katanya, melalui program ini para petani-petani kakao akan menjadi bagian dari solusi untuk membangun ketangguhan Indonesia terhadap bencana terkait iklim.

"Petani-petani akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk mendapatkan pendapatan yang berkelanjutan dan membantu memastikan pasokan kakao yang berkualitas dan tangguh iklim selama beberapa generasi ke depan," papar, Direktur USAID Indonesia, Jeff Cohen.

  • Bagikan