Rehab Daerah Irigasi Cenrana Dimulai, Gubernur Sulsel Berharap Produktivitas Masyarakat Meningkat

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, WAJO -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali melanjutkan penanganan pada Daerah Irigasi Cenrana di Kabupaten Wajo untuk tahun anggaran 2022 ini.

Hal ini menjadi fokus Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman untuk infrastruktur pertanian. Apalagi Sulsel dikenal sebagai daerah yang menjadi penopang pangan Nasional.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, “saat ini tengah progres pengerjaan rehab DI Cenrana di Kabupaten Wajo. Target kita untuk menambah luas areal aliran irigasi ke lahan pertanian masyarakat,” jelasnya, Jumat (20/5/2022).

Adapun luas areal yang akan dilayani pada pekerjaan rehab tahun 2022 ini sekitar 662 hektar. Dengan luas fungsional 910 hektar.

“Diharapkan dengan peningkatan saluran irigasi DI Cenrana, maka akan menambah luasan aliran air dari Kanal Basri Palaguna ke lahan pertanian masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, dengan rehab saluran irigasi ini akan mengurangi tingkat kehilangan air disaluran. “Tentu diharapkan meningkatkan produktivitas pertanian masyarakat. Yang muaranya akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,” imbuhnya.

Untuk pengerjaan pada bangunan pelimpah, akan berfungsi untuk mengalirkan kelebihan air agar tetap aman bila terjadi banjir. (Ikbal/fajar)

  • Bagikan