Jelang Idul Adha Ratusan Kambing Asal NTT Masuk Bulukumba, Karantina Pertanian Pastikan Bebas PMK

  • Bagikan
Petugas Karantina Pertanian memeriksa kambing yang masuk ke daerah Bulukumba.

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA - Karantina Pertanian Makassar melalui Wilayah Kerja Bulukumba memeriksa pemasukan 650 ekor kambing asal Kabupaten Nageko, Nusa Tenggara Timur.

Ratusan kambing yang masuk melalui Pelabuhan Laut Leppe’e ini guna memasok kebutuhan hewan potong jelang Iduladha.

Sebelumnya ratusan kambing ini telah melalui pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh petugas karantina, tidak ditemukan adanya gejala penyakit mulut dan kuku (PMK).

Tidak hanya pemeriksaan fisik, kelengkapan dokumen pun dilakukan untun mematikan ratusan kambing tersebut sehat dan terbebas dari PMK.

Walaupun saat ini PMK sebagian besar terdapat pada sapi potong, namun hal tersebut tidak membuat pemeriksaan terhadap kambing menjadi longgar.

Selain memperketat pemeriksaan, melakukan disinfeksi terhadap alat angkut yang membawa hewan ternak juga dilakukan guna mencegah masuknya PMK.

Kepala Karantina Pertanian Makassar, Lutfie Natsir terus melakukan langkah-langkah antisipasi pencegahan PMK. Tidak hanya memperketat pemeriksaan serta melakukan koordinasi dengan instansi terkait di Makassar, koordinas juga dilakukan dengan instansi terkait di Kabupaten lainnya di Sulsel antara lain Jeneponto, Bulukumba dan Sinjai.

“Kami akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait di beberapa wilayah kerja Karantina Pertanian Makassar seperti Jeneponto, Bulukumba dan Sinjai. Hal ini merupakan langkah antisipasi Karantina Pertanian Makassar untuk mencegah masuknya PMK”, tutur Lutfie.(rls)

  • Bagikan