Kemendagri Gelar Rakernas Forsesdasi 2022 Bersama ESQ Perkuat Implementasi Core Values ASN BerAKHLAK

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Kerja Nasional Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi).

Menggandeng ESQ Leadership Centre atau ACT Consulting, hal tersebut untuk memperkuat implementasi core values ASN BerAKHLAK yang dilaksanakan secara Hybrid, dimulai Senin-Selasa,23-24 Mei.

Kegiatan tersebut dihadiri

Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro mengatakan digelarnya kegiatan ini sebagai wadah berhimpun para Sekda Provinsi dan Kabupaten/Kota agar saling membantu serta dapat berpartisipasi menyelenggarakan pemerintahan nasional dan daerah.

Sehingga kata dia, Forsesdasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam dinamika pemerintahan. Semua berkumpul untuk membahas Core Values ASN yang baru yaitu BerAKHLAK, yang telah diluncurkan oleh Pak Presiden kita bulan Juli tahun lalu.

"Sebelum menjadi Core Values ASN BerAKHLAK, KemenPANRB dan jajarannya adakan survei nasional budaya kerja di berbagai wilayah. Lalu, semua itu diambil kesimpulan atau saripatinya menjadi BerAKHLAK. Itulah cuplikan sejarahnya" ujar Suhajar.

Dengan begitu, kata dia, nilai-nilai dasar ASN di Sekda seluruh Indonesia menjadi seragam. Tentang BerAKHLAK ini nanti akan ada paparan materi yang lebih lengkap oleh Pak Ary Ginanjar, dan bagaimana cara mengimplementasikannya.

Pria asal Karimun itu selalu mengatakan bahwasannya aparatur sipil negara maupun pejabat pejabat yang dipilih oleh rakyat beserta seluruh perangkatnya adalah pelayan masyarakat sesuai isi dari Pembukaan UUD 1945 alinea empat.

  • Bagikan