Ini Pesan Kakanwil Kemenkumham Sulsel pada Pembukaan Rakor Tim Pora Bandar Udara Sultan Hasanuddin

  • Bagikan

Fajar.co.id, Makassar — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak mengatakan bahwa kehadiran stakeholder terkait dalam pengawasan orang asing di Bandara Sultan Hasanuddin merupakan kerjasama dan kolaborasi luar biasa yang dilakukan Kanim Makassar.

Apresiasi ini disampaikan Liberti saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Bandar Udara Sultan Hasanuddin Internasional Airport Makassar (SHIAM) T.A. 2022 di Hotel Dalton Makassar, Rabu (25/5/2022).

“Semakin terkendalinya Covid19, aktivitas Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke Indonesia dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang ke luar negeri semakin meningkat sehingga perlu dilakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti yang kita lakukan saat ini,” kata Liberti.

Kakanwil mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu cara untuk menyamakan persepsi dan penyelarasan kondisi saat ini terkait Pengawasan Lalu Lintas Orang Asing dengan Dibukanya Kembali Penerbangan Internasional di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Liberti juga meminta kepada Kanim Makassar yang saat ini sudah berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) untuk benar-benar bisa mengamanahkan UU No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dari sudut pengawasan orang asing dengan bekerjasama dengan seluruh stake holder.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Makassar Agus Winarto mengatakan bahwa Rakor ini diselenggarakan sebagai wadah komunikasi dan koordinasi antara instansi di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

  • Bagikan