Perseroda Sebut Programnya Terkendala Menteri ESDM dan BKAD Pemprov Sulsel

  • Bagikan
Proyek Twin Tower.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- PT Sulsel Citra Indonesia (SCI) alias Perseroan Terbatas Daerah (Perseroda) Sulsel memastikan semua program sudah dalam tahap proses.

Dirut Perseroda Sulsel, Yasir Mahmud mengatakan, pihaknya sudah memaksimalkan kinerja. Hanya saja terkendala pada kebijakan pemerintah.

"Ex Vale (semua dokumen sdh lengkap; ada rekomendasi mensesneg, rekomendasi gubernur, rencana pengelolaan kerjasama bersama investor bahkan sudah ada) kendalanya ada pada menteri ESDM sejak bulan 12 tahun 2022," kata dia saat konfirmasi, Jumat, 27 Mei 2022.

Untuk proyek Twin Tower, Perseroda sudah meminta pengelolaan kerjasama dalam bentuk KSP. Kalau memang Pemprov melalui DPRD Sulsel tidak bisa menerbitkan perda penyertaan aset bagi PT.SCI, dokumen ikut KSP sudah masuk) kendalanya belum ada tindak lanjut dari BKAD dan dinas berwenang.

Yasir menambahkan, proyek Hibah Kayu, semua administrasi perseroda sudah lengkap sampai pengusulan izin wiup sudah masuk. Kendalanya pihak pemerintah belum memberikan rekomendasi atas permintaan PT Vale tersebut.

Sementara SPAM adminstrasi lengkap, kajian teknis rampung, rapat koordinasi dengan pemerintah lintas daerah kab/kota sudah berjalan hingga rencana kerjasamanya. Janji pemerintah pusat tahun 2024.

Sedangkan proyek kereta api, adminstrasi sudah lengkap, izin-izin sudah rampung, proses lelang semua telah dilewati.

"Besok pak menteri didampingi PT.SCI akan segera meninjau ke lokasi kereta, MoU sudah kelar. Kendalanya memang belum waktunya beroperasi menunggu Oktober 2022," pungkasnya. (ikbal/fajar)

  • Bagikan