Aplikasi Penghitung Gaji Karyawan: Pengertian, Manfaat, dan Faktor Pengaruh Gaji

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Apa itu aplikasi penghitung gaji karyawan? Bagi Anda, istilah ini tentu sudah tidak asing lagi atau bahkan menjadi bidang kerja Anda saat ini di perusahaan. Jika Anda lihat pada kamus, kata payroll memiliki arti daftar gaji atau upah.

Lebih detailnya, payroll atau penggajian merupakan jumlah semua catatan keuangan gaji, bonus, dan pemotongan yang karyawan dapatkan. Kemudian, aplikasi penghitung gaji karyawan adalah suatu sistem yang digunakan perusahaan untuk mengatur pembayaran gaji seluruh karyawan dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini akan menjadi sangat penting bagi pihak administrasi yang mengurus segala pemberian gaji. Selain itu, pemahaman mengenai penggajian yang perusahaan tetapkan juga penting untuk karyawan ketahui.

Melalui artikel ini, Anda dapat memahami lebih detail mengenai aplikasi penghitung gaji karyawan yang dapat memudahkan kinerja Anda. Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Aplikasi Penghitung Gaji Karyawan

Seperti yang kita ketahui, seorang karyawan bekerja dengan memberikan jasa, tenaga, dan waktunya sehingga perusahaan pun akan memberikan hak karyawan dalam bentuk upah atau gaji sesuai dengan kesepakatan kontrak di awal. Umumnya, karyawan akan mendapatkan gaji setiap bulan berupa gaji bersih setelah ada penyesuaian pajak dan pemotongan lainnya. Ada pula beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi jumlah gaji, misalnya cuti, tunjangan, kehadiran, dan lain-lain.

Pengelolaan gaji sepenuhnya merupakan tanggung jawab dari departemen Human Resource Development (HRD) atau personalia yang ada di dalam suatu perusahaan. Untuk mengatur gaji, Anda tentu tidak bisa bekerja secara manual. Sebab, berbagai kesalahan perhitungan atau human error sangat mungkin terjadi. Maka, di sinilah Anda membutuhkan aplikasi penghitung gaji karyawan yang dapat bekerja otomatis.

  • Bagikan