Rudiyanto Asapa Wafat di Jeddah, IAS: Beliau Senang Membantu dan Sosok Politisi Garis Lurus

  • Bagikan
Ilham Arief Sirajuddin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Mantan Bupati Sinjai, Andi Rudyanto Asapa tutup usia. Kabar meninggalnya politisi senior Partai Gerindra ini, juga dibenarkan Aras Halid, besan dari almarhum.

Mantan wali kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin menyampaikan belasungkawa. IAS dan Rudiyanto punya banyak kenangan. "Saya benar-benar merasa kehilangan. Sosok beliau begitu banyak menebar kebaikan selama hidup," kenang IAS, di Makassar, Senin 30 Mei 2022.

Rudiyanto Asapa begitu berjasa terhadap renovasi Stadion Mattoanging pada saat PSM menjadi tuan rumah babak 8 besar Piala Champions Asia 2001. Di mana semua pertandingan di grup Asia Timur termasuk PSM dihelat di stadion ini.

"Waktu itu, stadion harus direnovasi untuk memenuhi standar tuan rumah. Beliau menjadi tokoh sentral simpul komunikasi pihak PSM dengan Jenderal Andi Mattalatta. Karena upaya Kak Rudi, komunikasi bisa lancar dan upaya renovasi bisa dijalankan dengan baik," kenang IAS.

Rudiyanto sebagai politisi sudah sangat paripurna. Karakternya juga menunjukkan beliau adalah politisi garis lurus. "Beliau sangat dikenal dengan ketegasan dan konsistensi memegang prinsip. Saya menjulukinya politisi garis lurus. Hitam yah hitam, putih yah putih," sambung IAS.

Saat menjadi rival di panggung Pilgub Sulsel 2012 lalu, Rudiyanto Asapa maju bersama almarhum Andi Nawir Pasinrirngi. IAS maju berpasangan Aziz Qahhar Mudzakkar. "Kita memang berkompetisi. Tapi komunikasi dan hubungan personal tidak pernah terganggu karena realitas itu. Saya mengirim doa terbaik untuk Kak Rudi," tutup IAS.

  • Bagikan