Percepat Pembangunan BTS, 4 Titik Lagi Segera Dibangun di Seko

  • Bagikan

Fajar.co.id, Luwu Utara --- Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah menetapkan empat pilar utama Transformasi Digital Nasional, yaitu: (1) Pembangunan Infrastruktur Digital secara Massif; (2) Harmonisasi Regulasi; (3) Penguatan Ekosistem Digital; dan (4) Pengembangan Talenta Digital.

Poin pertama dari empat pilar itu adalah Pembangunan Infrastruktur Digital secara Massif. Dalam rangka mengakselerasi pilar ini, maka pemerintah segera membangun Base Transceiver Station (BTS) secara masif di seluruh wilayah di Indonesia. Ribuan BTS akan dibangun di 7.904 desa/kelurahan selama dua tahun, yaitu 2021 sampai dengan 2022.

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara sendiri mengusulkan 31 titik pembangunan BTS, namun Kemkominfo melalui BAKTI “hanya” menyetujui 26 titik, kedua terbanyak di Sulsel. Empat titik dalam proses pembangunan, yaitu satu desa di Kecamatan Sabbang (Malimbu) dan tiga desa di Kecamatan Rongkong (Kanandede, Komba, dan Minanga).

Bupati Luwu Utara melalui Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) berharap 26 BTS segera rampung tahun ini. Harapan ini tidak bertepuk sebelah tangan. Pasalnya, Kemkominfo melalui BAKTI, kembali akan membangun 4 titik di Kecamatan Seko. Empat titik itu berada di Desa Tirobali, Embonatanah, Hono dan Taloto.

“Empat titik lagi akan dibangun di Kecamatan Seko dengan provider Telkomsel, yaitu di desa Tirobali, Embanatanah, Taloto, dan Hono,” ungkap Kepala Diskominfo SP, Arief R. Palallo, usai melakukan pertemuan dengan pihak konsorsium dari PT Fiberhome yang menjadi pelaksana pembangunan 4 BTS di Kecamatan Seko, Selasa (31/5/2022), di Ruang Kerjanya.

  • Bagikan