Dilakukan dalam kemitraan dengan PwC, metodologi SBA menggabungkan fitur terbaik dari proses benchmarking dan penghargaan secara global untuk memberikan gambaran akan penerapan strategi hijau dan keuntungan bisnis. Beberapa hal yang menjadi keunggulan Danone Indonesia dalam kemenangannya pada SBA dengan kategori Manajemen Energi dan sebagai Significant Achievement untuk kategori pengelolaan air; perubahan iklim dan emisi ialah:
- Danone Indonesia telah berhasil mengurangi konsumsi energinya melalui optimalisasi proses produksi, optimalisasi pengunaan, dan regenerasi peralatan. Ketiga faktor tersebut merupakan kunci untuk mencapai target tahunan perusahaan dalam pengurangan energi sebesar 4%. Danone Indonesia juga berusaha untuk meningkatkan kesadaran energi di antara karyawan melalui ‘Blue Operation’, di mana pembahasan dan pelacakan KPI seputar topik energi dilakukan dalam pertemuan bulanan. Perusahaan juga berkomitmen untuk memiliki 'Pabrik Hijau' untuk setiap situs baru yang dikembangkan, termasuk dengan pemasangan panel surya. Di luar langkah-langkah yang ada, Danone Indonesia terus meningkatkan efisiensi energi mereka dengan menggunakan bantuan 15 auditor energi bersertifikat.
- Dalam hal pengelolaan air, perusahaan memiliki target untuk mencapai positive water impact pada tahun 2030. Hal ini dipandu oleh tiga pilar yakni melestarikan sumber daya air dan lingkungan alam, mendorong sirkulasi air di dalam dan di sekitar lokasi produksi, dan menyediakan air yang aman air minum bagi masyarakat rentan. Salah satu tindakan khusus adalah pencatatan penggunaan/konsumsi air per pabrik, termasuk jumlah yang didaur ulang atau digunakan kembali dan di monitor oleh auditor eksternal. Sejak 2010, Danone Indonesia telah membangun lebih dari 2.300 sumur resapan masyarakat, membangun lebih dari 90.000 lubang biofor, dan 8.100 parit serta membuat 74 fasilitas pemanen hujan. Mereka juga telah bekerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk membuka akses air bersih dan sanitasi (WASH); ini telah menjangkau lebih dari 463.000 orang.
SBA disajikan dalam 12 kategori, yang mencakup beberapa topik memiliki tantangan yang paling signifikan yang dihadapi perusahaan, masyarakat, dan ekonomi. Dalam ajang SBA sebelumnya yakni pada periode 2018/2019, Danone Indonesia memenangkan dua kategori dalam ajang ini yaitu kategori Workforce atau lingkungan kerja yang inklusif dan berkelanjutan, serta Best Initiative dalam program pengelolaan limbah.
"Penghargaan ini menjadi pemicu kami untuk terus berkomitmen dalam menyeimbangkan kinerja profit dan keberlanjutan sosial, melalui operasional bisnis yang ramah lingkungan dan peduli terhadap masyarakat. Kami berharap bahwa apa yang kami lakukan ini juga dapat menjadi inspirasi bagi para pelaku industri lainnya dalam mewujudkan bumi dan masyarakat Indonesia yang lebih sehat.” Tutup Vera.