Sampaikan Keluhan Lewat Puskesos

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Bupati Maros, AS Chaidir Syam membuka sosialisasi Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos)-Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Senin (6/6/2022).

Pertama di Sulsel, Maros menjadi satu-satunya Kabupaten yang memiliki Puskesos.

Puskesos merupakan pusat kesejahteraan sosial terpadu yang merupakan hal penting dalam pelayanan masyarakat di desa. Untuk Maros sendiri telah terbentuk Puskesos di 103 Desa dan Kelurahan.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengungkapkan, pelaksanaan sosialisasi Puskesos dapat bermanfaat bagi stakeholder. Terlebih, petugas sosial di masing-masing wilayah.

"Sosialisasi Puskesos merupakan salah satu agenda penting. Sebab, memberikan pemahaman bagi pengelola Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), supervisor Puskesos kecamatan, serta koordinator Puskesos desa dan kelurahan. Hingga menyentuh masyarakat hingga paling bawah," sebutnya.

Chaidir menyebutkan, kehadiran Puskesos akan memberikan wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan ragam keluhan.

"Petugas puskesos menjadi mata, telinga dan tangan pemerintah. Menjadi perantara problem masyarakat untuk disampaikan ke pemerintah daerah," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Nuryadin mengatakan, Puskesos di Sulsel baru Maros yang mengawali. "Tiga orang dari perwakilan kita telah diundang ke Jakarta untuk mengikuti pelatihan tentang Puskesos. Ilmu yang didapat nanti akan ditransfer dan mengawal penuntasan permasalahan sosial Kabupaten Maros termasuk data kemiskinan," bebernya.

  • Bagikan